Selasa, 06 Mei 2008

Psikologi Komunikasi

PENDAHULUAN

Kita membahas komunikasi massa dan pengertian media televisi secara luas,jenis-jenis media , fungsi media televisi, serta pengaruh media televise terhadap massa. Kita membahas teori-teori utama komunikasa masa dan berusaha menjelaskan bagaimana berbagai teori ini menerangkan pengaruh media televisi terhadap komunikasa massa atau perorangan serta menyebar luaskan pesan-pesan media masa kepada masyarkat luas.

Bidang komunikasi massa dipelajari lebih dari sudut pandang konsumen ketimbang dari sudut pandang pengirim pesan atau sumber. Penekanannya disini adalah pada pemahaman peran media dalam masyarakat modern. Bagaimana media mempengaruhi kita (dan bagaimana kita mempengarui media) serta bagaimana kita dapat meningkatkan kreatifitas dan ketrampilan kita sebagai pengguna media yang semakin lama semakin berkembang pesat. Media, tentu saja, bukanlah realitas. Namun demikian, media membantu menciptakan realitas pribadi bagi banyak orang dan mempengaruhi realitas dari seseorang. Kita harus mengetahui ini terjadi jika kita ingin menguasai media dan bukan dikuasai oleh media ( Devito 1990)


ISI

A. Pengertian Media televisi

Pengertian media televisi adalah program khusus yang banyak dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia dengan menampilkan program yang sangat menarik.

1. Arti media dan Televisi

Media sendiri adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi komunikasi secara aktif maupun pasif. Sedangkan Televisi berasal dari dua kata yaitu( tele ) yang artinya jauh dan (visi) artinya pandangan, yang bermakna pandangan jarak jauh. Namun arti secara global adalah sebuah alat media informasi audio visual satu arah.( dalam Google )

Media yang paling popular dan tersebar (di Amerika dan mungkin juga di Indonesia), masyarakat yang tidak menikmati televisi telah semakin berkurang. Di Amerika Serikat pesawat televisi rata-rata disetel sekitar tujuh jam sehari. Ini berarti lebih dari 2500 jam per tahun , atau 106 hari per tahun. Dalam seminggu ini berarti 47 jam, lebih dari waktu yang digunakan orang untuk bekerja atau tudur. Walaupun kita dapat berbeda pendapat mengenai apakah ini baik atau buruk, kita pasti berpendapat kehidupan orang amerika tanpa televisi pasti akan sama sekali berbeda dari yang ada sekarang.

Selama 10 atau 15 tahun yang lalu televisi telah berubah drastis. Selama 10 atau 15 tahun yang akan datang perubahannya mungkin akan jauh lebih besar lagi. TV kabel (di amerika), pada mulanya dirancang untuk memperbaiki penerimaan siaran, sekarang ia telah menjadi program khusus yang di nikmati lebih dari 50 juta ruma ( Devito 1990 )

2. Fungsi Media Televise

Mendesain program-program mereka untuk menghibur. serta menyampaikan informasi seperti berita, olahraga, nasional maupun internasional.tentu saja, sebenarnya, mereka memberikan hiburan untuk mendapatkan perhatian dari khalayak sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menjual hal ini kepada pengiklan.(Devito 1990)

Media juga banyak menghasilkan perubahan yang kita anggap sepele. Sebagai contoh perubahan terhadap prilaku membeli kertas tisu mungkin sangat di pengaruhi oleh media,jadi fungsi terpenting dari setiap media adalah menggerakan (activating)-mengerakan konsumen untuk mengambil tindakan.media berusaha mengajak pemirsa membeli produk merek tertentu.(dalam Jalaluddin)

Media juga sangat vital dalam rangka menyebarkan informasi dan opini di tengah masyarakat. Kalau televisi berada ditangan orang-orang yang baik maka semua acara yang ditayangkan akan menjadi baik.( dalam Google)

3. Tujuan Media Televisi

a. Melindungi anak dari pengaruh negatif media

b. Memberdayakan posisi orang tua dan anak dalam interaksi dengan media, terutama televisi, dengan cara menumbuhkan sikap kritis terhadap media televisi.

c. Meningkatkan semua program telavisi untuk semua kalangan masyarakat. Yang dilakukan dengan memproduksi informasi obyektif dan independen tentang kualitas isi tayangan televisi yang relevan, biro iklan, komisi penyiaran Indonesia dan berbagai institusi terkait.(dalam Google)

4. Macam-macam tayangan televise

Program-program yang ditayangkan oleh media televisi antara lain, informasi-informasi berita, reality show, dialog, infotainment, musik, film, olahraga, iklan-iklan dan lain-lain.

5. Jenis-Jenis Media

a. Televisi merupakan program khusus yang banyak dinikmati oleh banyak orang di seluruh duni dengan menampilkan program yang sangat manarik, seperti Film-Film khusus dewasa, program musik ,serta berita dan informasi lokal ataupun internasional.

b. Radio merupakan sistem komunikasi massa yang dominan. Radio berusaha malayani kelompok-kelompok khusus-misalnya , pecinta opera atau musik simfoni, pecandu berita, penggemar musik rock; dan sebagainya (dijakarta

ada pemancar radio yang mengkhususkan diri pada acara-acara yang bersifat humor, misalnya)sekaligus, radio yang berfungsi sebagai penghibur dikala kita beristirahat, bekerja dikantor, atau berkendaraan mobil menuju rumah.

c. Surat kabar jelas merupakan suatu bentuk komunikasi massa, mereka kurang “masal” dibandingkan, misalnya ,radio atau televisi. Sementara hampir setiap orang mendengarkan radio dan pemirsa televisi, pembaca utama surat kabar adalah mereka yang lebih terdidik dan lebih tua. Hanya sekitar 50% dari orang yang berusia antara 21 dan 35 tahun membaca surat kabar secara teratur.

d. Majalah ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat khusus. Misalnya,reader’s digest , TV guide, dan family circle . majalah khusus meliputi semua majalah yang di tunjuk kepada kelompok yang khusus dan terbatas.

e. film sekarang televisi dan film mengembangkan dimana yang satu membantu yang lain. Orang sekarang pergi ke bioskop untuk menyaksikan bintang favorit mereka , tayangan wawancara, misalnya , seringkali menyoroti kehidupan dan masalah bintang-bintang film.

B. Komunikasi massa

1. Arti komunikasi massa adalah sesuatu yang baik atau positif apabila menengahi dan mengarahkan tindakan manusia terhadap proses sosial masyarakat. Manusia artinya dia membuat suatu sarana yang menyediakan manusia dapat berinteraksi dengan manusia lain didalam proses sosialnya. Jadi dalam hal ini dinamakan publik opini.( dalam Google )

Pengertian komunikasi massa pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. komunikasi massa dapat dibedakan dari jenis komunikasi lainnya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapa individu atau sebagian khusus populasi (dalam Jalaluddin)

2. Aspek-aspek komunikasi massa

Sebagai media untuk menghibur ,fungsinya yang terpenting adalah meyakinkan persuasi(to persuade­) dapat datang dalam berbagai bentuk, antara lain:

a. Mengukuhkan atau memperkuat sikap,kepercayaan atau nilai seseorang.

b. Mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang.

c. Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu.

d. Memperkenalkan etika, atau menawarkan system nilai tertentu.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi

Program-program yang di tayangkan oleh televisi dapat mempengaruhi audien (penonton) secara tidak sadar. misalnya iklan-iklan yang ditayangkan,adegan-adegan yang tidak pantas di tiru oleh anak-anak,berita / informasi yang masih simpang siur kebenarannya sebagai akibatnya, pemirsa (audien) terbius kedalam keadaan tidak aktif seakan-akan berada dalam pengaruh narkotik.

Media massa yang perkasa untuk mengarahkan dan membentuk prilaku halayak.Dalam kerangka Behoviorisme, media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah prilaku halayak malalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan , atau proses imitasi ( belajar sosial ). Khalayak sendiri dianggap sebagai kepala kosong yang siap untuk menampung seluruh pesan komunikasi yang di curahkan kepadanya (Devito 1990)

C. Pengaruh media televisi terhadap komunikasi massa

Pengaruh medi televisi terhadap komunikasi massa itu sangat berperan besar. Media televisi merangsang masyarakat untuk mengubah situasi. Mereka menyajikan hiburan dan informasi, yang secara tidak sadar akan direspon oleh pemirsa

Mereka menyajikan dalam darama ,cerita diskusi, artikel dan iklan-iklan. Dalam semua situasi ini, nilai-nilai masyarakat diungkapkan secara tidak dikatakan (Devito 1990)

Kita di ajari bagaimana berpakaian yang pantas untuk berbagai macam kesempatan, apa artinya menjadi warga Negara yang baik, apa makan yang layak, bagaimana menyelenggarakan diskusi atau percakapan, dan sebagainya.

Pendekatan apa yang dilakukan orang pada media, yakni menggunakan media untuk pemuas kebutuhannya. Umumnya kita lebih tertarik bukan kepada apa yang kita lakukan kepada media, tetapi kepada apa yang dilakukan media pada kita.

C. Kesimpulan

Pada umumnya media televisi sangat berparan penting dalam kehidupan individu, dimana media televisi ini memberikan hiburan-hiburan dan informasi-informasi yang sangat kita butuhkan. Media televisi juga membantu menciptakan realitas bagi banyak orang dan mempengaruhi dari seseorang.mereka memberiakan program-program yang sangat menarik sehingga mendapatkan pehatian dari khalayak sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menjual hal ini kepada pengiklan.

Pada komunikasi massa kita artikan setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melelui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. Seperti khalayak sendiri dianggap sebagai kepala kosong yang siap untuk menampung seluruh pesan komunikasi yang di curahkan kepada audien melalui penayangan-penayangan media televisi.

Daftar pustaka

Devito, J. A1990 Komunikasi Antar Manusia,Edisi Kelima Professioal Book.Jakarta

Rahmat, J. 2005 . Psikologi Komunikasi, Edisi revisi PT Remaja Rosdakarya: Bandung

www.kidia.org/profil/2/

www. Syariahonline.com

http://ekawenat.blogspot.com

Tidak ada komentar: