PENDAHULUAN
Kita membahas komunikasi
ISI
A. Pengertian Media televisi
Pengertian media televisi adalah program khusus yang banyak dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia dengan menampilkan program yang sangat menarik.
1. Arti media dan Televisi
Media sendiri adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi komunikasi secara aktif maupun pasif. Sedangkan Televisi berasal dari dua kata yaitu( tele ) yang artinya jauh dan (visi) artinya pandangan, yang bermakna pandangan jarak jauh. Namun arti secara global adalah sebuah alat media informasi audio visual satu arah.( dalam Google )
Media yang paling popular dan tersebar (di Amerika dan mungkin juga di
Selama 10 atau 15 tahun yang lalu televisi telah berubah drastis. Selama 10 atau 15 tahun yang akan datang perubahannya mungkin akan jauh lebih besar lagi. TV kabel (di amerika), pada mulanya dirancang untuk memperbaiki penerimaan siaran, sekarang ia telah menjadi program khusus yang di nikmati lebih dari 50 juta ruma ( Devito 1990 )
2. Fungsi Media Televise
Mendesain program-program mereka untuk menghibur. serta menyampaikan informasi seperti berita, olahraga, nasional maupun internasional.tentu saja, sebenarnya, mereka memberikan hiburan untuk mendapatkan perhatian dari khalayak sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menjual hal ini kepada pengiklan.(Devito 1990)
Media juga banyak menghasilkan perubahan yang kita anggap sepele. Sebagai contoh perubahan terhadap prilaku membeli kertas tisu mungkin sangat di pengaruhi oleh media,jadi fungsi terpenting dari setiap media adalah menggerakan (activating)-mengerakan konsumen untuk mengambil tindakan.media berusaha mengajak pemirsa membeli produk merek tertentu.(dalam Jalaluddin)
Media juga sangat vital dalam rangka menyebarkan informasi dan opini di tengah masyarakat. Kalau televisi berada ditangan orang-orang yang baik maka semua acara yang ditayangkan akan menjadi baik.( dalam Google)
3. Tujuan Media Televisi
a. Melindungi anak dari pengaruh negatif media
b. Memberdayakan posisi orang tua dan anak dalam interaksi dengan media, terutama televisi, dengan cara menumbuhkan sikap kritis terhadap media televisi.
c. Meningkatkan semua program telavisi untuk semua kalangan masyarakat. Yang dilakukan dengan memproduksi informasi obyektif dan independen tentang kualitas isi tayangan televisi yang relevan, biro iklan, komisi penyiaran
4. Macam-macam tayangan televise
Program-program yang ditayangkan oleh media televisi antara lain, informasi-informasi berita, reality show, dialog, infotainment, musik, film, olahraga, iklan-iklan dan lain-lain.
5. Jenis-Jenis Media
a. Televisi merupakan program khusus yang banyak dinikmati oleh banyak orang di seluruh duni dengan menampilkan program yang sangat manarik, seperti Film-Film khusus dewasa, program musik ,serta berita dan informasi lokal ataupun internasional.
b. Radio merupakan sistem komunikasi
ada pemancar radio yang mengkhususkan diri pada acara-acara yang bersifat humor, misalnya)sekaligus, radio yang berfungsi sebagai penghibur dikala kita beristirahat, bekerja dikantor, atau berkendaraan mobil menuju rumah.
c.
d. Majalah ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat khusus. Misalnya,reader’s digest , TV guide, dan family circle . majalah khusus meliputi semua majalah yang di tunjuk kepada kelompok yang khusus dan terbatas.
e. film sekarang televisi dan film mengembangkan dimana yang satu membantu yang lain. Orang sekarang pergi ke bioskop untuk menyaksikan bintang favorit mereka , tayangan wawancara, misalnya , seringkali menyoroti kehidupan dan masalah bintang-bintang film.
B. Komunikasi
1. Arti komunikasi
Pengertian komunikasi
2. Aspek-aspek komunikasi
Sebagai media untuk menghibur ,fungsinya yang terpenting adalah meyakinkan persuasi(to persuade) dapat datang dalam berbagai bentuk, antara lain:
a. Mengukuhkan atau memperkuat sikap,kepercayaan atau nilai seseorang.
b. Mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang.
c. Menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu.
d. Memperkenalkan etika, atau menawarkan system nilai tertentu.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi
Program-program yang di tayangkan oleh televisi dapat mempengaruhi audien (penonton) secara tidak sadar. misalnya iklan-iklan yang ditayangkan,adegan-adegan yang tidak pantas di tiru oleh anak-anak,berita / informasi yang masih simpang siur kebenarannya sebagai akibatnya, pemirsa (audien) terbius kedalam keadaan tidak aktif seakan-akan berada dalam pengaruh narkotik.
Media
C. Pengaruh media televisi terhadap komunikasi
Pengaruh medi televisi terhadap komunikasi
Mereka menyajikan dalam darama ,cerita diskusi, artikel dan iklan-iklan. Dalam semua situasi ini, nilai-nilai masyarakat diungkapkan secara tidak dikatakan (Devito 1990)
Kita di ajari bagaimana berpakaian yang pantas untuk berbagai macam kesempatan, apa artinya menjadi warga Negara yang baik, apa makan yang layak, bagaimana menyelenggarakan diskusi atau percakapan, dan sebagainya.
C. Kesimpulan
Pada umumnya media televisi sangat berparan penting dalam kehidupan individu, dimana media televisi ini memberikan hiburan-hiburan dan informasi-informasi yang sangat kita butuhkan. Media televisi juga membantu menciptakan realitas bagi banyak orang dan mempengaruhi dari seseorang.mereka memberiakan program-program yang sangat menarik sehingga mendapatkan pehatian dari khalayak sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menjual hal ini kepada pengiklan.
Pada komunikasi
Daftar pustaka
Devito, J. A1990 Komunikasi Antar Manusia,Edisi Kelima Professioal Book.Jakarta
Rahmat, J. 2005 . Psikologi Komunikasi, Edisi revisi PT Remaja Rosdakarya:
www. Syariahonline.com
http://ekawenat.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar